Return to site

8 Tips Keamanan Aplikasi Seluler Yang Lebih Baik

· Aplikasi

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan aplikasi seluler Anda?

Jika Anda membuat aplikasi atau memiliki aplikasi di pasar, kemungkinan Anda sudah berhenti untuk mempertimbangkan cara mengamankan aplikasi Anda, data Anda, dan data pelanggan Anda.

Aplikasi seluler memiliki sedikit saluran untuk membuatnya berfungsi: ada kode perangkat lunak itu sendiri, logika bisnis di jaringan ujung belakang dan sisi klien, basis data, API yang menyalurkan data antara keduanya, perangkat dan sistem operasinya, dan pengguna. Masing-masing memainkan peran penting dalam jalinan keamanan aplikasi. Untuk perusahaan dengan aplikasi seluler di pasar yang ramai dan kompetitif, memiliki keamanan yang kuat bisa menjadi pembeda besar. Berikut adalah beberapa kiat untuk Anda pertimbangkan dengan keamanan aplikasi seluler, dan pakar mana yang dapat membantu Anda melindungi aset seluler Anda dari segala sudut.

1. AMANKAN KODE APLIKASI ANDA DARI GROUND UP

Mirip dengan proyek perangkat lunak apa pun, keamanan perangkat lunak seluler harus menjadi prioritas sejak hari pertama. Namun, aplikasi asli berbeda dari aplikasi web, di mana data dan perangkat lunak ada dengan aman di server dan sisi klien (atau, browser) hanyalah sebuah antarmuka. Namun dengan aplikasi asli, kode itu berada di perangkat setelah diunduh, membuatnya lebih mudah diakses oleh orang-orang dengan niat jahat.

Banyak kerentanan dapat ada dalam kode sumber aplikasi, tetapi di situlah bisnis tidak memfokuskan pengeluaran keamanan mereka. Komponen keamanan jaringan dan data adalah bagian penting dari keseluruhan gambar keamanan, tetapi keamanan harus dimulai dengan aplikasi Promo Honda Makassar itu sendiri. Kerentanan dapat disebabkan oleh kesalahan pengembang, kegagalan untuk menguji kode, atau aplikasi Anda mungkin hanya ditargetkan secara spesifik oleh peretas.

2. AMANKAN SAMBUNGAN JARINGAN ANDA PADA AKHIR KEMBALI

Server dan server cloud yang diakses API aplikasi (milik Anda sendiri, atau pihak ketiga) harus memiliki langkah-langkah keamanan untuk melindungi data dan mencegah akses yang tidak sah. API dan mereka yang mengaksesnya harus diverifikasi untuk mencegah menguping pada informasi sensitif yang diteruskan dari klien kembali ke server aplikasi dan database.

3. TETAPKAN IDENTIFIKASI, OTENTIKASI, DAN TINDAKAN OTORISASI DI TEMPAT

Seperti halnya API, teknologi autentikasi dan otorisasi membantu pengguna membuktikan ke siapa mereka, menambahkan lapisan keamanan lain ke proses login.

4. MENJADI TENTANG BAGAIMANA CARA DATA PELANGGAN DIJAMIN DAN PENERAPAN KEBIJAKAN ENKRIPSI MOBILE YANG BAIK

Seperti yang disebutkan di atas, lebih banyak kode dan data aplikasi seluler harus disimpan pada perangkat dibandingkan dengan aplikasi web tradisional karena Anda memperhitungkan berbagai kinerja, bandwidth, dan kualitas perangkat. Semakin banyak data yang disimpan secara lokal di perangkat (apakah itu secara permanen, atau hanya sementara), semakin rentan itu.

Aplikasi "Leaky" dapat merilis data pelanggan tanpa disadari oleh pengguna - titik data seluler yang dimasukkan atau dikumpulkan di latar belakang seperti usia, lokasi, kebiasaan penggunaan perangkat.

5. MEMILIKI STRATEGI KEAMANAN API SOLID DI TEMPAT

Karena pengembangan seluler bergantung sepenuhnya pada API, sebagian besar pengamanan aplikasi seluler mengamankan API mereka. API mengalirkan data antara aplikasi, cloud, dan banyak pengguna yang berbeda, yang semuanya perlu diverifikasi dan diotorisasi untuk mengakses data itu. API adalah saluran utama untuk konten, fungsionalitas, dan data, sehingga memastikan keamanan API yang tepat adalah bagian penting dari rantai.

6. UJI PERANGKAT LUNAK APLIKASI ANDA - LALU UJI LAGI

Menguji kode aplikasi biasanya penting dalam proses pengembangan aplikasi. Aplikasi sedang diproduksi begitu cepat, apa yang seharusnya menjadi langkah penting dalam proses sering jatuh ke pinggir jalan untuk mempercepat waktu ke pasar.

Saat menguji fungsionalitas dan kegunaan, para ahli Harga Honda HRV Makassar menyarankan untuk juga menguji keamanan, apakah aplikasi Anda adalah aplikasi asli, hybrid, atau web. Anda akan dapat mendeteksi kerentanan dalam kode sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelum menerbitkan aplikasi Anda.

7. PENGGUNA: LINDUNGI PERANGKAT ANDA

Pembuat aplikasi tidak dapat melakukan banyak hal untuk memastikan pengguna memiliki perangkat yang aman ketika mereka mengunduh aplikasi, tetapi di sini ada beberapa petunjuk bagi pengguna yang ingin menghindari masalah keamanan, atau pencurian identitas atau penipuan jika suatu perangkat hilang atau dicuri.

8. JIKA ANDA ORGANISASI USAHA DENGAN BYOD (MEMBAWA PERANGKAT ANDA SENDIRI) KEBIJAKAN, GUNAKAN PERHATIAN EKSTRA

Bagi perusahaan yang memungkinkan karyawan menggunakan perangkat mereka sendiri, ini juga dapat membuka jaringan untuk meretas kerentanan dan mempersulit departemen TI untuk mengatur akses ke data pada sistem backend mereka. Produk manajemen perangkat seluler (MDM) seringkali merupakan investasi yang layak, seperti Airwatch dan MobileIron. Ini dapat memberi karyawan kenyamanan bekerja saat bepergian, tetapi juga memberi perusahaan ketenangan pikiran dalam hal keamanan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly