Return to site

4 Tips Memulai Bisnis Anda di Sosial Media

· Sosial Media

1. Identifikasi Sasaran, Persona, Dan Audiens Anda

Pendekatan terencana dengan baik untuk sosial media selalu bekerja lebih baik daripada kegiatan sosial media acak. Rencana Anda harus menginformasikan semua kegiatan yang akan Anda jalankan untuk bisnis Anda di jejaring sosial.

Mulailah dengan menuliskan tujuan bisnis dan sasaran branding Anda. Rencana sosial media Anda juga harus membahas bidang-bidang berikut.

Sejajarkan sosial media dengan Tujuan Bisnis Anda

Setiap bisnis memiliki serangkaian tujuan tertentu, dan rencana sosial media Anda harus mengikat langsung ke tujuan tersebut.

Misalnya, jika Anda menjalankan kedai kopi, tujuannya mungkin untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang. Sasaran sosial media Anda adalah untuk menciptakan lebih banyak kesadaran tentang kedai kopi Anda dan mendorong lebih banyak orang ke lokasi Anda.

Buat Persona Untuk Bisnis Anda

Identifikasi bagaimana Anda ingin orang memahami bisnis Anda. Anggap Baju Gamis Pesta ini sebagai persona online untuk bisnis Anda. Orang-orang akan membentuk persepsi tentang bisnis Anda ketika mereka berinteraksi dengan Anda secara online.

Kehadiran sosial media Anda harus bekerja sama dengan saluran bisnis Anda yang lain untuk menceritakan kisah tentang merek Anda. Semuanya dari kata-kata yang Anda gunakan di sosial media, jenis kampanye yang Anda jalankan, dan jenis gambar yang Anda poskan akan meninggalkan kesan tentang bisnis Anda di benak audiens Anda.

Mulailah dengan menentukan bagaimana Anda ingin orang memahami bisnis Anda. Tuliskan daftar kata sifat dan istilah yang Anda ingin orang kaitkan dengan Anda. Gunakan alat seperti Wordle untuk membuat cloud kata dari istilah-istilah ini sehingga Anda dapat menjepitnya dan membuatnya praktis saat Anda membuat suara untuk merek Anda di sosial media.

Tentukan Target Pemirsa Anda

Jelaskan audiens target Anda dengan daftar segmen demografis yang khas. Sangat membantu untuk menentukan rentang usia yang luas, segmen pekerjaan, minat utama, dan area geografis untuk audiens Anda. Memahami segmen ini akan membantu Anda mendesain kampanye dan membuat konten.

2. Identifikasi Jejaring Sosial Terbaik Untuk Terlibat

Banyak pemilik bisnis menyebar terlalu kurus dengan mendaftar ke beberapa jejaring sosial sekaligus. Luangkan waktu untuk memahami beberapa jejaring sosial populer sebelum memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Mulailah dengan mendengarkan. Sebelum membuat akun untuk bisnis Anda, buat profil pribadi di jejaring sosial populer dan gunakan terlebih dahulu sebagai individu.

Cari kata kunci populer yang terkait dengan bisnis Anda atau produk-produknya dan rasakan bagaimana setiap jejaring sosial beroperasi. Perhatikan hasil pencarian untuk kata kunci ini untuk menemukan bagaimana orang berinteraksi dengan topik ini. Apakah bisnis Anda termasuk dalam diskusi ini? Apakah menurut Anda ada gunanya terlibat dengan orang-orang dan percakapan ini?

Anda juga ingin memahami sifat setiap jejaring sosial. Setiap jaringan berbeda dalam hal jenis konten apa yang berfungsi dan cara orang berinteraksi dengan pengguna dan bisnis lain di dalamnya.

Misalnya, Twitter populer untuk pembaruan waktu-nyata dan konten mikro-blog yang lebih pendek. Pinterest dan Instagram populer untuk konten visual, dan keduanya lebih populer di ponsel.

Di Facebook, bisnis tidak bisa menjadi "teman" dengan orang-orang, tetapi orang-orang bisa "menyukai" halaman merek dan mengikuti pembaruan. LinkedIn digunakan untuk jaringan profesional, tetapi banyak orang bergabung dengan komunitas minat khusus dan mengikuti halaman perusahaan tempat mereka berinteraksi dengan bisnis.

Anda juga ingin mencari tahu di mana pelanggan Anda berada. Telusuri produk Anda di jejaring sosial populer untuk mengetahui apakah pelanggan Anda yang ada menggunakan platform ini dan jika mereka membicarakan bisnis Anda di sana.

3. Pilih Alat Manajemen sosial media Sempurna

Setelah Anda mengembangkan rencana sosial media untuk jaringan tertentu, sekarang saatnya untuk memilih alat manajemen sosial media. Memilih alat yang tepat dapat menghemat banyak waktu dan membantu Anda memaksimalkan upaya pemasaran sosial media Anda.

Berdasarkan paket jejaring sosial Anda, buatlah daftar fitur-fitur dasar yang Anda harapkan butuhkan dari suatu alat. Sebagai bisnis kecil, ini mungkin termasuk menerbitkan konten di jejaring sosial utama, memantau sebutan dan kata kunci merek, memahami audiens Anda, membuat konten, dan menghasilkan laporan tentang kinerja.

Jika Anda memiliki tim sosial media yang mewakili merek Anda di sosial media, Anda akan menginginkan alat yang menawarkan beberapa fitur kolaborasi. Membangun merek sosial yang benar-benar melibatkan anggota tim Busana Muslim lain di papan dan menciptakan suara merek terpadu yang mewakili bisnis Anda dan orang-orang di belakangnya.

Karena sosial media dalam waktu nyata, Anda harus dapat bekerja di mana saja. Alat manajemen sosial media Anda harus berfungsi pada perangkat seluler Anda (dan juga perangkat seluler anggota tim Anda), dan membuat Anda tetap mengetahui segala sesuatu yang terjadi di saluran merek Anda.

4. Pantau dan Ukur Yang Penting

Pemantauan dan pengukuran sangat penting untuk meningkatkan kinerja sosial media Anda dan tetap sejalan dengan tujuan dan rencana Anda. Tetapi khusus apa yang harus Anda pantau dan ukur?

Ukur Keterlibatan, Bukan Jumlah Pengikut

Meskipun Anda ingin mengawasi jumlah pengikut Anda untuk setiap jejaring sosial, ini bukanlah angka yang Anda harus khawatirkan terlalu banyak pada awalnya. Sebaliknya, lebih memperhatikan bagaimana orang terlibat dengan bisnis Anda.

Apakah orang merespons konten Anda? Apa jenis reaksi yang Anda lihat pada kampanye Anda? Jenis posting apa yang mendapatkan keterlibatan paling banyak dan bagaimana Anda dapat memaksimalkannya?

Tidak masalah untuk bereksperimen dengan konten di sosial media, selama Anda dapat mengukur seberapa banyak keterlibatan yang Anda hasilkan dan gunakan hasilnya untuk menginformasikan rencana konten Anda.

Pantau Sebutan

Dengarkan apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda di jejaring sosial. Setiap interaksi adalah kesempatan untuk terlibat. Buat beberapa kolom mendengarkan di alat manajemen sosial media Anda sehingga Anda dapat langsung terlibat dengan orang-orang yang berbicara tentang bisnis Anda dan topik terkait lainnya.

Akui semua penghargaan dan sebutan positif yang Anda terima. Dorong pelanggan yang bahagia untuk berbicara tentang pengalaman mereka dengan bisnis Anda di sosial media. Jika Anda menemukan posting yang tidak bahagia tentang bisnis Anda di sosial media, gunakan itu sebagai kesempatan untuk menjangkau.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly