Return to site

10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Jilbab

· Jilbab
broken image

Jilbab yang merupakan ekspresi Islami dari kesederhanaan dan pengabdian, lebih sering disalahartikan dan disalahtafsirkan baik di masyarakat maupun media massa. Apa jilbab, mengapa orang memakainya, dan mengapa kita harus peduli? Berikut adalah 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang jilbab sebelum membuat asumsi tentang Islam.

Jilbab Bukan Hanya Syal

Berlawanan dengan kepercayaan populer, jilbab bukan hanya jilbab fisik yang banyak wanita Muslim pilih untuk dikenakan di atas rambut mereka. Jilbab sepenuhnya adalah keyakinan bahwa sebagai seorang Muslim, seseorang harus berusaha dengan tekun hidup setiap hari dalam menghormati Tuhan, dengan kesederhanaan, dan menunjukkan kesetiaan kepada agama secara keseluruhan. Dengan mengenakan syal fisik, itu adalah salah satu cara untuk mengekspresikan cinta seseorang kepada Islam. Dengan cara ini, jilbab juga bisa menjadi cara seseorang bertindak, berpikir, dan memperlakukan orang lain, selain mengenakan jilbab fisik.

Ada Banyak Bentuk Jilbab yang Berbeda

Jilbab datang dalam berbagai bentuk, dan dalam banyak tingkatan mencakup tubuh seseorang juga. Bentuk jilbab di atas kepala berbeda dari orang ke orang, beberapa memilih untuk menutupi wajah mereka juga, dan beberapa hanya memilih untuk berpakaian sopan sambil tetap menunjukkan rambut mereka. Ini semua bentuk jilbab, bahkan jika itu tidak terlihat seperti stereotip yang dilihat di media.

Jilbab Juga Berlaku untuk Pria

Karena makna jilbab yang menyeluruh adalah untuk hidup sederhana dengan cinta kepada Tuhan, jilbab juga berlaku untuk pria. Meskipun tidak dikenal di luar komunitas Muslim, pria juga berusaha untuk mengenakan jilbab baik secara fisik maupun mental setiap hari, sama seperti wanita Muslim. Namun, jilbab pria lebih berfokus pada menutupi tubuh bagian bawah dan bukan pada rambut atau tubuh bagian atas.

Kapan Bisa Jilbab Dilepas?

Jilbab yang pernah dikenakan sebagai syal yang menutupi rambut seseorang dan menutupi tubuhnya, hanya bisa dilepas di depan anggota keluarga atau wanita. Seorang wanita Muslim mengenakan jilbab karena itu biasanya akan menahan diri dari menunjukkan rambutnya kepada siapa pun yang tidak terkait dengannya oleh darah.

Rekomendasi: Makanan Jawa Barat yang Paling Favorit

Jilbab Adalah Pilihan Bagi Mayoritas Muslim

Mengesampingkan negara-negara ekstrim seperti Arab Saudi dan Iran, wanita Muslim tidak selalu dipaksa memakai jilbab. Bahkan mayoritas dari mereka memilih untuk memakainya dan jatuh cinta dengan jilbab mereka, dan benar-benar bebas memilih kapan dan bagaimana memakai Jilbab.

Tidak Akan Pernah Ada Satu Alasan Seragam Mengapa Muslim Memilih Untuk Mengenakan Jilbab

Meskipun mungkin ada beberapa kesamaan umum mengapa wanita Muslim memilih untuk mengenakan jilbab, tidak akan pernah ada satu alasan spesifik yang menyeluruh mengapa hal itu memuaskan semua orang. Para wanita Muslim memilih untuk mengenakan jilbab untuk banyak alasan yang berbeda, dari tujuan pribadi ke agama, dari interpretasi Al-Qur'an ke mode; alasan di balik pilihan setiap orang untuk mengenakan jilbab akan berbeda. Tetapi itu adalah keindahannya, bahwa itu bukanlah objek universal yang menyesuaikan semua orang. Bahkan, ia dapat mengekspresikan kekuatan unik dan sistem keyakinan setiap orang.

Apa yang Quran Katakan Tentang Jilbab

Meskipun ada banyak penafsiran tentang apa yang sebenarnya Quran katakan tentang jilbab, pemahaman yang paling umum berasal dari ayat-ayat ini:

"Katakan kepada pria yang percaya bahwa mereka menahan mata mereka dan menjaga bagian pribadi mereka. Itu lebih murni bagi mereka "(Quran 24:31)

"Oh Anda Nabi, beri tahu istri Anda, putri Anda, dan para wanita dari orang-orang percaya untuk memanjangkan pakaian mereka. Ini lebih baik sehingga mereka akan diakui dan tidak dirugikan. Tuhan adalah Pengampun dan Penyayang "(Quran 33:59)

Jilbab Tidak Menindas Atau Menahan

Meskipun kesalahpahaman ini perlahan berubah, jilbab masih terlalu sering disamakan dengan penindasan. Jilbab sama sekali tidak menindas atau menahan mayoritas dari 1,6 miliar Muslim di seluruh dunia, dan tidak melarang mereka mengejar impian mereka, bertindak sesuai keinginan mereka, berpakaian sesuka mereka, atau menikahi siapa yang mereka cintai. Jilbab jauh lebih sering daripada kebebasan berekspresi.

Mengapa Jilbab Memberdayakan Jutaan Muslim di Seluruh Dunia

Hal yang penting untuk dipahami tentang jilbab adalah bahwa hal itu sebenarnya sangat memberdayakan jutaan wanita Muslim. Jilbab memberdayakan mereka dengan kebanggaan dan cinta akan agama mereka, dan kekuatan kesopanan juga membantu banyak orang merasa lebih kuat. Menjadi sederhana berarti memaksa orang untuk menilai Anda berdasarkan pikiran dan hati Anda, dan kurang begitu pada wajah atau tubuh Anda. Ini memberi keberanian dan harga diri bagi banyak orang yang memilih untuk mengenakan jilbab.

Memahami Jilbab Adalah Memahami Bentuk Feminisme Lain

Akhirnya, karena jilbab bisa begitu memberdayakan begitu banyak orang, memakai jilbab telah menjadi ekspresi feminisme. Memakai jilbab dapat berarti bagi banyak orang bahwa mereka memiliki kebebasan untuk memilih cara mengekspresikan diri. Karena seorang wanita menggunakan ekspresi diri dan tidak dipaksa untuk berpakaian dengan cara tertentu oleh tekanan masyarakat, banyak wanita kemudian merasa diberdayakan dan lebih setara dengan pria karena mereka memaksa orang untuk menilai mereka pada kemampuan mereka dan bukan pada bagaimana seksual mereka dapat menjadi.